Powered by Blogger.
RSS

public's deepest condolence :"


Satnite? Bodo. Mood lagi gak pengen ngebahas itu juga. Iya, jadi dua harian ini suasananya buram gitu. Lebih suram dari sekedar kelabu. Pokoknya bener-bener buram beeett..

Kalian pasti udah pada ngikutin berita di tipi kan. Itu, tentang tawuran pelajar di jakarta. Iya, dalam sepekan ini ada 3 kali tawuran dan sedihnya 2 nyawa melayang gara-gara insiden ini. Tawuran pertama kejadian hari senin, 24 sept kemaren. Sebenernya aku dengar berita ini pertama dari twitter, malem harinya. Cuma karna tugas kuliah lagi banyak yang deadline aku cuek aja. Beberapa kali juga denger berita di tv yang lagi ditonton sama bapak, Cuma sekali lagi, karena banyak tugas dan presentasi aku tetep cuek, sekedar tau kalo tawuran itu kejadian di Bulungan Jaksel, antara SMA 70 sama SMA 6.

Makin hari itu pemberitaan makin rame aja, bahkan udah masuk infotaiment segala. Iya, kasus tawuran pelajar yang notabene pelajar biasa dan bukan artis nyampe ke infotainment -_- *thats indonesia* Disitu aku baru mulai kasih perhatian ke berita itu *bukan berarti aku doyan infotainment yaa.. CATET!* Aku sambil ngetik tugas buat mata kuliah besok paginya ngikutin infotainment itu, disitu aku baru ngeh kalo yang jadi korban adalah anak SMA 6 yang baru kelas X. Heran juga yah, kok kelas X bisa jadi korban. Pasti ada apa-apanya ni, pikir ku.. Cuma ya gitu, aku gak konsen mantengin infotainmentnya, jadilah pertanyaan-pertanyaan seputar tawuran antara SMA 6 dan SMA 70 itu terpending di saraf-saraf otakku.

Berbekal rasa penasaran yang cukup besar akan insiden tersebut ingin rasanya sowan ke mbah google untuk meminta penerangan. Namun, sekali lagi, tugas dan presentasi menjadi penghalang untuk mengobati kecamuk dalam otak aku. Sampai akhirnya, hari jumat kemaren, aku libur kuliah. Pagi-pagi banget udah nawaitu buat nge-search all about insiden itu. Tapi sebuah suara di siaran tv, menghentikan sejenak sistem saraf ku. “tersangka pembacokan atas iswa SMA 6 ditemukan di ringroad, Condong Catur, Sleman,DIY” demikianlah kurang lebih kalimat yang diucapkan oleh pembawa berita itu. Dengg!! Demi apa itu tersangka yang dipanggil FR udah ada di kota ku aja, ratusan kilo meter jaraknya dari Jakarta..

Berkat hal itu, semangat ku untuk mengunjungi mbah google semakin mengebu-gebu. Setelah menemukan posisi yang nyaman diatas tempat tidur, segera aku buka browser. Sempet bingung mau masukin keyword apa, akhirnya aku tuliskan “tawuran pelajar SMA 6 dan SMA 70” dan seketika google menampilkan ribuan hasil dari keyword tersebut. Disitulah aku baru tau kalo tersangka yang biasa disebut RF bernama Fitrah Rahmadani alias Doyok anak SMA 70 kelas XII. Berdasarkan berita yang aku dapet dari hasil keyword tersebut beberapa sumber mengatakan bahwa Fitrah ini sudah beberapa kali tersangkut kasus serupa, bahkan ternyata dia juga sudah dua kali gak naik kelas. Disitu aku juga tau kalo korban anak SMA 6 yang ternyata masih kelas X itu bernama Alawy Yusianto Putra.

Karena rasa penasaran ku masih belum tuntas, aku kembali menuju menuliskan keyword, “twitter fitrah rahmadani” aku penasaran, kaya apa sih ini orang teganya mbacok anak orang gitu aja. Kali aja kalo aku nemu twitternya aku bisa lebih lihat kaya apasih sebenernya sosoknya. Cuma beberapa hasil keyword yang mengacu ke twitter Fitrah Rahmadani hasilnya nihil. Kemudian aku coba search “twitter alawy yusianto putra” dan ya, berhasil! Aku berhasil nemuinakunnya Alawy, cuma ternyata dia terakhir ngetweet udah beberapa bulan lalu. Sempet mikir kalo mungkin Alawy ini udah ganti twitter, tapi apa username dan id yang bisa aku jadiin petunjuk. Kemudian aku coba search twitter dia dari twitter aku, disitu banyak banget yang ngetweet RIP ke dia. Terus aku coba masuk ke profil salah satu akun yang ada disitu, (at)Sodikodik. Dan ternyata dia adalah salah satu temennya Alm. Alawy. Berkat akun itulah ke-kepo-an ku tersalurkan. Dari akun itu aku cukup banyak mendapatkan informasi tentang Alm. dari akun-akun orang-orang yang bener-bener deket dengan Alm. Mulai dari sahabat-sahabatnya, kakanya, sampai ke pacarnya. Iya, aku kepo banget! Lebih dari 5 jam aku habiskan untuk menelusuri timeline-timeline mereka. Sampai akhirnya aku nemuin ini diavatar temen Alm.

*sumber: avatar (at)rega_raka

Dititik itulah, saat aku mengamati screen leptop dan terpampang foto ini, tiba-tiba air mata penuh dipelupuk mata ku. Aku memang gak kenal siapa itu Alawy. Bahkan aku tau namanya juga baru beberapa jam yang lalu. Tapi, apakah rasa simpati itu membutuhkan kata “kenal”? Aku bahkan bersyukur karna setidaknya aku gak mengenal Alm. Aku cuma gak sanggup aja buat ngebayangin gimana kalo ternyata yang jadi korban adalah orang yang ada disekitarku, orang yang aku kenal. Temanku, pacarku, atau mungkin adikku. Meskipun demikian tetep my deepest condolence goes to dearest Alawy :”

Yang lebih sedih lagi pas baca timeline pacarnya Alm., Syifa *lupa usernamenya apa* disitu keliatan banget dia nyoba buat tegar. Sesekali di mention (at)alawyyusianto, anak seumur itu tapi berhasil buat aku mikr. Cuma sekali lagi aku gak sanggup ngebayangin gimana kalo aku ada di posisi Syifa, ditinggal dengan jalan yang seperti itu. I know that feeling very well, i know how glad you, to be Alawy’s, be tough ya Syiff :”

Dari kasus ini aku belajar banyak hal. Belajar tentang makna persahabatn dari Alm. dan teman-temannya. Belajar tentang hati dari Syifa dan Alm. Belajar keluarga dari Alm. dan keluarganya. Belajar tentang kehidupan dari mereka semua. Dan masih banyak lagi.. last, RIP Alawy Yusianto Putra, may God give you the best place ever there :”

 

Alawy (kanan) bersama temannya
*sumber: avatar (at)sodikodik

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment